Toyota Gali Ide Hadapi Disrupsi Teknologi Lewat Ajang Hackathon Fun/Code

Perkembangan teknologi informasi, termasuk disrupsi yang mengiringinya, berdampak pada industri otomotif secara umum. PT Toyota Astra Motor (TAM) lantas melakukan inisiatif dengan menggelar kompetisi pengembangan aplikasi bertajuk Toyota Fun/Code.

Kegiatan tersebut memasuki babak final pada Minggu (3/11/2019) di kawasan Ancol, Jakarta. Babak ini mempertemukan 70 tim pengembang aplikasi digital dari 593 proposal aplikasi sejak pendaftaran dibuka pada Agustus lalu. Kebanyakan peserta datang dari kalangan mahasiswa maupun generasi muda.

Dalam babak final atau Hack Day, para peserta dituntut mempersiapkan aplikasi agar dapat beroperasi secara nyata hingga mempresentasikan di hadapan dewan juri. Tema besar aplikasi masih berkaitan dengan pengalaman berkendara, kepemilikan, hingga edukasi terkait mobil keluaran Toyota.

Tampil sebagai pemenang pertama dari kompetisi ini adalah tim Ga Chibi, yang mengembangkan aplikasi bernama RENTO.Program dengan tema besar car-sharing atau platform berbagi kendaraan tersebut mengantarkan tim beranggotakan tiga orang itu memperoleh hadiah utama senilai Rp50 juta.

Sedangkan pemenang kedua yakni tim NL_Lone dengan aplikas digital Deaf Assistant of Toyota (DEFINO) berhak atas hadiah sebesar Rp30 juta. Posisi ketiga ditempati oleh tim Focus AR dengan ide aplikasi IMMERSIVE EDU, serta memboyong hadiah senilai Rp20 juta.

Kompetisi aplikasi digital seperti ini baru diselenggarakan sebanyak dua kali oleh Toyota secara global. Selain di Indonesia, gelaran serupa baru terlaksana oleh Toyota di Amerika Serikat. “Ajang ini menjadi salah satu langkah menghadapi disrupsi teknologi yang dirasakan belakangan ini,” ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Aplikasi hasil pengembangan kompetisi ini masih akan dipelajari untuk dapat digunakan secara luas oleh Toyota maupun konsumen ke depannya. “Secara pribadi saya ingin kegiatan ini berlanjut dengan kolaborasi lain hingga menghasilkan program yang diimplementasikan langsung,” ujar Anton kepada Okezone.

Sumber : okezone.com